Kamis, 23 September 2010

Kupas tuntas-tas masalah karbu suzuki thunder 125


Berikut tips menyetel angin pada karburator suzuki thunder 125cc
(dari berbagai sumber)

sebelum menyetel angin ada baiknya karbu di standarkan dan dibersihkan dulu..

setelahnya baru kita lakukan penyetelan angin secara tepat..

1. Putar baut angin (pilot air screw) ke arah kanan secara bertahap hingga mesin mati sendiri, kalau sudah mentok tidak juga mati mesin artinya setelan gas terlalu besar, jika seperti ini kondisinya biarkan setelan angin mentok sembari baut setelan gas dikendurkan hingga mesin mati..ini artinya setelan gas dan angin sudah posisi off semua.

2. Kemudian nyalakan mesin kembali dengan setelan angin off, sedikit dipaksa gasnya namun kalau gagal putar setelan angin sedikit sekali hingga mesin dapat dinyalakan walau tidak bisa langsam.

3. Saat mesin sudah menyala dengan posisi gas ditahan, atur RPM diangka 1400-1500 dan tahan
jangan sampai bergerak naik/turun.

4. Masih dalam posisi menahan diangka RPM 1400-1500, ingat jangan sampai bergerak naik turun....kemudian setel baut angin ke kiri hingga RPM perlahan naik dengan sendiri hingga ke titik tertinggi dimana walau setelan angin terus diputar, RPM tetap pada posisi tertingginya,
atur baut angin pada posisi tertinggi tersebut, jangan terlalu banyak putaran lanjutannya setelah memperoleh posisi tersebut karena itu merupakan posisi angin dan gas yang pas.

5. Matikan mesin, diamkan kira-kira 5 menit agar sedikit dingin dan nyalakan kembali, pastikan langsam tanpa harus mengubah setelan2 diatas.

6. setelah menyala, pancing gas hingga ke RPM 8000-9000, untuk melihat apakah RPM turun sempurna tanpa ada jeda di RPM 2500. jika ada jeda kemungkinan jarum skep dan skepnya pada karbu sudah tergores. tidak masalah selama tidak mengganggu.

7. Uji coba di jalan raya, saat berjalan perlahan2 biarkan tarikan gas stabil pada RPM 6000 pada posisi persneling 2/3 untuk melihat apakah fungsi karet vakum masih dalam kondisi baik..jika karet sudah bocor, biasanya akan terasa mbrebet atau ndut2an.
klo masih brebet...ni cara paling jitu....
1. Bongkar karbu
2. Cek karet vakum...bolong teu????tambal make lem super glue...tong loba teuing..bisi keras
3.Cek Piston skep...klo tergores, amplas pake nu alus, mess skitar 4000
4.Cek Jarum skep, klo masih ada yang nongol, potong pake cutter...sing rapih nya, soalna buatan pabrik mah miring
5.Cek jarum angin, mun berkarat, amplas......alon-2 y...
6. Cek flow BBM, buka keran fulll, cabut slang karbu...jgn sampe ada yang tersumbat...
7.BUsinya jgn pake NGK, pake Denso aj....beda cuma 2000
8.Cek jalannya Skep..pake tangan, rasakan ada gesekan di ruang skep dan piston...
9. Bersihkan Pilot, main jet m lubang2 yang lain...pake wd, colok2 pake jarum
10. Lubang Intake angin, biasana karatan, bersihkan juga..
11..terakhir BBM na pake Pertamax....beda cuma 2000 doank, tp tenaga lebih 5000
POkokna mah thunder 125 mu g akan ngempos lg...dijamin...murah..
INi berdasarkan pengalaman ane make thunder 125, soale mekanik2 suzuki blum bisa 100% mengatsi masalah karburator vakuum thunder 125...
klo ada masih yang ngempos cerita aj m ane......
GOOD LUCK 4 My BLUE THUNDY...
 

13 komentar:

  1. PERTAMAXXXXXXXXXX ,BRO
    SUZUKI RIDER BROTHERHOOD
    MRICA

    BalasHapus
  2. MAJUUU kang......jangan lupa pake helm y...

    BalasHapus
  3. bos ane dah ganti karet vakum nu anyar tep brebet euy..
    kumaha y kang solusinya..?
    tx

    BalasHapus
  4. ane dah ganti karet karbu masih berebet kang kumaha ya solusinya..?

    BalasHapus
  5. solusi motor biru agan mbebet karena stelan angin kurang dari 2.5 x360..biasanya tukang service suka ngasih dibawah 2.5x360.
    stelan standar dari suzuki adalah 3x360 coba agan stel jadi 2.5( lebihin dikit,3 kurang lah )x360 pasti gak bakalan mbrebet lagi....pengalama gan cz ane pake thunder juga..dan namanya adalah JAGUR hehhe..
    kawan setia kemanapun saya pergi dia pasti ikut.

    salam
    cyber newtron

    BalasHapus
  6. ane punya tuh thunder 125 sering gak di gas tapi RPM nambah tiba2 trus turun lagi.... knapa yah???

    BalasHapus
  7. saya ju kejadiannya sama ma kk qoza.udah ganti karet vakum nya tp ttp rpm nya g stabil,klo jalan ndut"an mohon pencerahannya

    BalasHapus
  8. suzuki Ribet thunder 125 mau tanyak. q dah pusing mikirin ni motor rewel banget. awal mesinnyala suka mati-mati seperti kurang besar gasnya q besarin dikit, tapi kalau udah dipakai perjalanan sekitar 25 km tiba-tiba mesin besar sendiri napa ya, trus kalau dikecilin lagi gak lama kemudian mati mati lagi dan itu terus menerus seperti itu tolong solusinya ya?

    BalasHapus
  9. Thank's gan buat info nya, saat ini ane hampir frustasi bertahan di thunder, dah banyak keluar masuk bengkel tetep aja blm nemuin langsang yang sempurna, ane bakal coba info nya...3makasih.

    BalasHapus
  10. motor thunder 125 ane mati mati melulu...
    itu knapa y ?
    padahal dulu dak gitu....
    setelah posisi mesin ane naikkan dibuat model supermoto yang punyak suspensi tinggi

    BalasHapus
  11. kang ABDUL AZIZ ane juga sama thunder ane kayak gt. Kalo abis jalan, langsam tiba2 jd gede, tp ane kecilin dikit malah mati.

    BalasHapus
  12. mang mekanik amun motor uink mh beberebetan wae, busk na make ngk, tpi bru ganti 1bulan, nah terus listrik bagus. tpi msih beberebetan keneh, apa gara" bengsin nya kotor yach. mohon info nya kang. klo bisa kirim email ke aziiz_ganteng_ajjah@yahoo.co.id. tQ kang

    BalasHapus
  13. Klo problem seperti ini kenapa yaah ?

    - Pas lagi jalan tiba-tiba mbrebet dan tenaga tarikan berkurang drastis.
    - Tarikan kenceng pas turun gas mati mesin dan susah nyala lagi.
    - Atau motor masih bisa nyala dan langsam tapi pas digas mbrebet dan mati.

    Apakah yang bermasalah "Karet Vakum di Karburator" ?

    Thx

    BalasHapus