Kamis, 23 September 2010

Kupas tuntas-tas masalah karbu suzuki thunder 125


Berikut tips menyetel angin pada karburator suzuki thunder 125cc
(dari berbagai sumber)

sebelum menyetel angin ada baiknya karbu di standarkan dan dibersihkan dulu..

setelahnya baru kita lakukan penyetelan angin secara tepat..

1. Putar baut angin (pilot air screw) ke arah kanan secara bertahap hingga mesin mati sendiri, kalau sudah mentok tidak juga mati mesin artinya setelan gas terlalu besar, jika seperti ini kondisinya biarkan setelan angin mentok sembari baut setelan gas dikendurkan hingga mesin mati..ini artinya setelan gas dan angin sudah posisi off semua.

2. Kemudian nyalakan mesin kembali dengan setelan angin off, sedikit dipaksa gasnya namun kalau gagal putar setelan angin sedikit sekali hingga mesin dapat dinyalakan walau tidak bisa langsam.

3. Saat mesin sudah menyala dengan posisi gas ditahan, atur RPM diangka 1400-1500 dan tahan
jangan sampai bergerak naik/turun.

4. Masih dalam posisi menahan diangka RPM 1400-1500, ingat jangan sampai bergerak naik turun....kemudian setel baut angin ke kiri hingga RPM perlahan naik dengan sendiri hingga ke titik tertinggi dimana walau setelan angin terus diputar, RPM tetap pada posisi tertingginya,
atur baut angin pada posisi tertinggi tersebut, jangan terlalu banyak putaran lanjutannya setelah memperoleh posisi tersebut karena itu merupakan posisi angin dan gas yang pas.

5. Matikan mesin, diamkan kira-kira 5 menit agar sedikit dingin dan nyalakan kembali, pastikan langsam tanpa harus mengubah setelan2 diatas.

6. setelah menyala, pancing gas hingga ke RPM 8000-9000, untuk melihat apakah RPM turun sempurna tanpa ada jeda di RPM 2500. jika ada jeda kemungkinan jarum skep dan skepnya pada karbu sudah tergores. tidak masalah selama tidak mengganggu.

7. Uji coba di jalan raya, saat berjalan perlahan2 biarkan tarikan gas stabil pada RPM 6000 pada posisi persneling 2/3 untuk melihat apakah fungsi karet vakum masih dalam kondisi baik..jika karet sudah bocor, biasanya akan terasa mbrebet atau ndut2an.
klo masih brebet...ni cara paling jitu....
1. Bongkar karbu
2. Cek karet vakum...bolong teu????tambal make lem super glue...tong loba teuing..bisi keras
3.Cek Piston skep...klo tergores, amplas pake nu alus, mess skitar 4000
4.Cek Jarum skep, klo masih ada yang nongol, potong pake cutter...sing rapih nya, soalna buatan pabrik mah miring
5.Cek jarum angin, mun berkarat, amplas......alon-2 y...
6. Cek flow BBM, buka keran fulll, cabut slang karbu...jgn sampe ada yang tersumbat...
7.BUsinya jgn pake NGK, pake Denso aj....beda cuma 2000
8.Cek jalannya Skep..pake tangan, rasakan ada gesekan di ruang skep dan piston...
9. Bersihkan Pilot, main jet m lubang2 yang lain...pake wd, colok2 pake jarum
10. Lubang Intake angin, biasana karatan, bersihkan juga..
11..terakhir BBM na pake Pertamax....beda cuma 2000 doank, tp tenaga lebih 5000
POkokna mah thunder 125 mu g akan ngempos lg...dijamin...murah..
INi berdasarkan pengalaman ane make thunder 125, soale mekanik2 suzuki blum bisa 100% mengatsi masalah karburator vakuum thunder 125...
klo ada masih yang ngempos cerita aj m ane......
GOOD LUCK 4 My BLUE THUNDY...
 

56 komentar:

  1. PERTAMAXXXXXXXXXX ,BRO
    SUZUKI RIDER BROTHERHOOD
    MRICA

    BalasHapus
  2. MAJUUU kang......jangan lupa pake helm y...

    BalasHapus
  3. bos ane dah ganti karet vakum nu anyar tep brebet euy..
    kumaha y kang solusinya..?
    tx

    BalasHapus
  4. ane dah ganti karet karbu masih berebet kang kumaha ya solusinya..?

    BalasHapus
  5. solusi motor biru agan mbebet karena stelan angin kurang dari 2.5 x360..biasanya tukang service suka ngasih dibawah 2.5x360.
    stelan standar dari suzuki adalah 3x360 coba agan stel jadi 2.5( lebihin dikit,3 kurang lah )x360 pasti gak bakalan mbrebet lagi....pengalama gan cz ane pake thunder juga..dan namanya adalah JAGUR hehhe..
    kawan setia kemanapun saya pergi dia pasti ikut.

    salam
    cyber newtron

    BalasHapus
  6. ane punya tuh thunder 125 sering gak di gas tapi RPM nambah tiba2 trus turun lagi.... knapa yah???

    BalasHapus
  7. saya ju kejadiannya sama ma kk qoza.udah ganti karet vakum nya tp ttp rpm nya g stabil,klo jalan ndut"an mohon pencerahannya

    BalasHapus
  8. suzuki Ribet thunder 125 mau tanyak. q dah pusing mikirin ni motor rewel banget. awal mesinnyala suka mati-mati seperti kurang besar gasnya q besarin dikit, tapi kalau udah dipakai perjalanan sekitar 25 km tiba-tiba mesin besar sendiri napa ya, trus kalau dikecilin lagi gak lama kemudian mati mati lagi dan itu terus menerus seperti itu tolong solusinya ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu karbunya gan,, saya juga begitu dulu,,stelah ganti karbu ,,lancar

      Hapus
  9. Thank's gan buat info nya, saat ini ane hampir frustasi bertahan di thunder, dah banyak keluar masuk bengkel tetep aja blm nemuin langsang yang sempurna, ane bakal coba info nya...3makasih.

    BalasHapus
  10. motor thunder 125 ane mati mati melulu...
    itu knapa y ?
    padahal dulu dak gitu....
    setelah posisi mesin ane naikkan dibuat model supermoto yang punyak suspensi tinggi

    BalasHapus
  11. kang ABDUL AZIZ ane juga sama thunder ane kayak gt. Kalo abis jalan, langsam tiba2 jd gede, tp ane kecilin dikit malah mati.

    BalasHapus
  12. mang mekanik amun motor uink mh beberebetan wae, busk na make ngk, tpi bru ganti 1bulan, nah terus listrik bagus. tpi msih beberebetan keneh, apa gara" bengsin nya kotor yach. mohon info nya kang. klo bisa kirim email ke aziiz_ganteng_ajjah@yahoo.co.id. tQ kang

    BalasHapus
  13. Klo problem seperti ini kenapa yaah ?

    - Pas lagi jalan tiba-tiba mbrebet dan tenaga tarikan berkurang drastis.
    - Tarikan kenceng pas turun gas mati mesin dan susah nyala lagi.
    - Atau motor masih bisa nyala dan langsam tapi pas digas mbrebet dan mati.

    Apakah yang bermasalah "Karet Vakum di Karburator" ?

    Thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tanki kotor kali jadi nyumbat dilubang turun bensin

      Hapus
    2. Biasax klo masalah bgt muncul karna lambatx jarum naik diakibatkan biasax sdh tdk mulus dia px. Rahasiax kasi pelumas mesin jahit pada bambux dan potong 2 lilit pada per

      Hapus
  14. ganti karbu rx king psti ngaciir

    BalasHapus
    Balasan
    1. langsung ngacir beserta bbm nya aku jug pke krbu rx king emng beda jauh tarikan jd enteng borosny sama metik krbu imbang

      Hapus
  15. kang Thunder kalo nanjal sok gaada tenagaan kumaha cara mengatasinyua ?
    Thaks.

    BalasHapus
  16. Kang .kalo setelan gasnya macet cara ngatasinya gimana ?

    Makasih

    BalasHapus
  17. kang, tanya masalah thunder ane, klo mesin masih dingin tarikannya masih enak, tapi kalo dah panas ko mlah gak ada tenaganya mlahan kya yang kehabisan bahan bakar. solusinya gmana ya?

    BalasHapus
  18. mas iqbal... coba check kelistrikannya... bisa cdi, koel, spull, pulser, bisa jg listrik nya bocor krn kabel ada yg konslet... heee...
    smoga membantu...

    BalasHapus
  19. Bro saya punya thunder 125 thn 2006. Dr beli karbu king kw,, brebet....parah brebetnya.Kata bengkel karbu nya harus di ganti!! nahhh....saya ganti pakai karbu king lagi yg kw tetap aja kenapa ya??? Tolong bantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba cek manivoltnya keneceng apa longar sama mulut karbu . kalo kendor ganti manifoldnya .Itu penyebabnya . kalo udah bales lagih

      Hapus
    2. kalo karbu king kan ada yg buat oli,itu di tu2p aja sama selang..emang si msh agak mrebet,,tp lama kelamaan ilang,,karena udah menyatu hee

      Hapus
  20. Thunder sya ni knpa ya pas gas
    Rendah brubut. Kalau sdh naik gasnya g ad brubut.pas bwa kebengkel katanya setelan angn nya g bsa dsetel lg .boros ktanya .gmn y .mhon bantuannya

    BalasHapus
  21. Bos klo mtor thunder sya mrebet d rpm rndah. Trus ada suara bletuk2 d knalpot saat gas d tarik maupun gas trun.
    Apa ny kira2?

    BalasHapus
  22. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  23. Maksudna busi ketang nembe gentos.. Tp anggeur we brebet sakedik... Sareng ngalangsam na teu stabil... Bingung punten usulanna

    BalasHapus
  24. Bos motor thunder sy udh bolak balik masuk bengkel..udh abis biaya gede juga..kondisi suka brebet sm busi blm 5mnt udah gosong..smp skrg msh ngjogrog di bengkel..ada masukan atau solusi nya ? Mangga di antos boss, agan2 sy tekor klo hrs pake angkot trs 😩

    BalasHapus
  25. gan mau minta solusinya donk motor thunder 125(2007) ane pas keran bensin dibuka malah ngcor deres lewat karbulator ,itu kenapa ya dan solusi nya apa ya gan ?

    BalasHapus
  26. Yanbes@ jarum pelampung sudah rusak ataw bisa juga skrup pembuangan bensin'nxa rusak....

    BalasHapus
  27. Mau tanya nih THUNDER 125 th2005 tanpa selahan
    Kenapa ya..Tiap ganti aki baru cepet mati akinya
    Businya juga cepet hitam
    Terimakasih

    BalasHapus
  28. Bos kalo setelan klep motor kurang pas, bisa pengaruh ke motor jadi brebet ga sih?? Bantu jawab ya bos.. Makasih bos

    BalasHapus
  29. Bos kalo setelan klep motor kurang pas, bisa pengaruh ke motor jadi brebet ga sih?? Bantu jawab ya bos.. Makasih bos

    BalasHapus
  30. Mau tanya nih, kenapa ya motor thunder saya sering brebet. Kalau di kencengin gas nya brebet, klu diturunkan gasnya kadang mesin hidup kadang mati. Kadang tidak terjadi apa apa.. Mohon solusinya gan

    BalasHapus
  31. Ms nnya mtor gua gan kok ngedet kalo d.jlani kyk gk stabil gas udh tu mati,diengkol ttal gk udup,,kcuali d.gnti gusi hdup cmb tsendat lg..pdhal hbs d.service karbu+gnti karet vacum ori,,,bner gk gan kata bengkel tu karbu ny udh gk bgus/d.gnti baru..apa solusi ny yg ane tnya bnr d.karbu..mhon bantuan nya gan

    BalasHapus
  32. Apa penyebabnya ya klo gas thunder susah turun dan suka nggerung.?

    BalasHapus
  33. Apa penyebabnya ya klo gas thunder susah turun dan suka nggerung.?

    BalasHapus
  34. cek karbu setelan gas n angin. atau gnti karbu rx king trikan enteng.untuk pertama pmasangn krbu king emng butuh penyesuaian n setelan gas yg cocok.tp hbs tu ngacir.aku aja slm 4 thun pke thunder krbu king perjlanan srbaya blitar pp seminggu sekali gak ada msalah cuma agak boros dikit

    BalasHapus
  35. Gan mau nanya...karbu saya standan dan normal semua tapi kalo di gas pool langsung drop kaya ngempos/ada yg bocor padahal normal semua, mohon solusinya kang?

    BalasHapus
  36. Karbu masih ori. Mesin hidup, Tapi kalo di gas suka mati kayak habis bensin.kenapa ya ?

    BalasHapus
  37. Ane juga sama suka beberentan karbu ny klu lagi di jalan apanya yak kira2
    Sering pkke pertalite sih/harus pke pertamax yak?

    BalasHapus
  38. Tanderku bisa stasioner baik tp tp pas di gas terasa kurang bensin alias dededetdetdet gak bisa los gitu mohon solusinya terima kasih

    BalasHapus
  39. Saya juga sudah menyerah sama ni motor thunder 125. Ga ada baiknya sudah perbaiki sampe ke bengkel resmi tetap aja berebet skrg malah tidak menyala.

    Banyak buang uang

    BalasHapus
  40. Kang lamun bocor wae naona tah

    BalasHapus
  41. Bang klo mtr thunder hidup tpi ga bsa digas..trus suaranya ga kluar dri knalpot/ndut2an gmna solusinya boss

    BalasHapus
  42. Gan saya beli thunder sacond,.pas pake semingguan motor saya businya cepet hitam serta ada bercak oli dan bengsin agak boros,..tarikan juga gak ada knp ya? Tp klo udah di amplas atau ganti busi jalan lagi normal,3hari hitam lagi..tp ttp gak ada tarikannya kalah sama bebek supra masa..apa hanya harus bersihkan ruang bakar yg kotor?

    BalasHapus
  43. Mas mau tnya,sya pnya mtor thunder,posisi hidup,mrebet,pas masuk gigi lemah ngak mau jalan,bntu dong solusi nya,apa ada kaitan sma karet vakum?

    BalasHapus
  44. Mas mau tnya,sya pnya mtor thunder,posisi hidup,mrebet,pas masuk gigi lemah ngak mau jalan,bntu dong solusi nya,apa ada kaitan sma karet vakum?

    BalasHapus
  45. Pak bisa motor tander saya sblm di services ngeberebet ..saya services carbu di bersihkan .masih aja ngeberebet...minta solusinya pak bisa

    BalasHapus